blog about lifestyle, music, games, and many more

Friday, June 12, 2015

Ujian Tulis? Harusnya Sih Bisa!

Halo para pembaca sekalian ~
Kali ini penulis akan mengambil tema yang berdasarkan pengalaman penulis alami kemarin. Yaa.. Apalagi klo bukan U.J.I.A.N.
Satu kata yang hanya terdiri dari lima huruf saja namun sangat berarti bagi banyak orang dan tentunya seringkali dikaitkan dengan nasib seseorang kedepannya.

Namun, yang perlu kita ketahui bersama adalah, penulis tidak akan memberikan kalian para pembaca contoh soal apalagi pembahasannya. Akan tetapi, penulis disini hanya akan memberikan tips dan trik agar kalian bisa sukses di ujian tulis. Bukan cuma UN, bahkan sampai sukses ujian tulis PTN. Apa sih triknya?

Oke, hal yang paling pertama dan yang paling krusial yang harus kita lakukan adalah "Ubah mindset kita tentang ujian". Kenapa? It's simple! Selama penulis sekolah dan menyelami dunia pendidikan selama bertahun - tahun, kita pasti akan santai tentang ujian, entah karena ujiannya masih lama, ataupun kita semua sudah tau bahwa kita bakalan lulus, atau malah dilulusin.
Jelas, hal ini merupakan kesalahan terbesar yang pelajar lakukan. Kenapa? Tentu saja! Itulah mengapa ketika kita melaksanakan ujian tidak pernah merasa siap (kecuali yang rajin dan pandai kali ya ~ hihihi). Soalnya, jika kita tidak pernah bersiap sejak saat jauh - jauh sebelum ujian. Maka, kita pun sudah membuang kesempatan yang sangat berharga untuk menguasai mata pelajaran yang akan diujikan. Ya! Istilahnya kita itu seperti mencuri start, dimana ketika orang lain di saat seminggu sebelum ujian sibuk belajar yang bahkan tidak mereka mengerti, kita justru malah santai saja karena semua materi yang diujikan sudah kita pahami.

Kedua, beranilah menjadi yang berbeda!
Maksud penulis disini bukanlah "yang lain lagi belajar, kita malah bolos" ya. Tapi, maksud penulis disini adalah, kita harus berani melawan segala kebiasaan yang sebetulnya sangat tidak baik kita lakukan (yah mungkin kalian sudah tau yah apa saja yang penulis maksud, jadi penulis ga usah nulis panjang-panjang :p). Yang perlu penulis tekankan disini adalah, kita tidak boleh membiarkan orang lain berkata seenaknya tentang mimpi kita. Ini loh maksudnya seperti, "aku tuh pengen banget jadi dokter, tapi... Kata guru dan teman-temanku katanya aku ga akan pernah bisa jadi dokter" itu maksud penulis. Pengalaman penulis pun sama seperti yang penulis gambarkan sebelumnya (tapi bukan kedokteran ya :D), intinya adalah kita tuh jangan pernah mendengarkan apapun kata-kata semacam itu dari mereka, bukannya ngajarin buat membenci teman apalagi guru, tapi kita itu harus konsisten terhadap apa yang kita cita-citakan, alasannya sederhana sih, masa sih kita mau kerja di bidang yang sama sekali tidak kita sukai? Pekerjaan yang terbaik kan, pekerjaan yang kita sukai. Bener ga? Intinya adalah, kita itu harus fokus ke depan dengan apa yang kita inginkan. Dengan begitu, kita pun bisa mengatur rencana agar kita bisa tetap sukses dengan jalur yang ada.

Ketiga, ini tak kalah penting ya, kita harus terus berdoa dan meminta doa dari teman, guru, dan tentu orang tua kita, jangan cuma gara-gara kita mau menghadapi ujian. Tapi, kita juga harus terus berdoa untuk kesuksesan bersama nanti.

Mungkin sekian dari penulis ya, semangat buat kalian yang akan menghadapi ujian nanti. Semoga, artikel ini bisa membantu pembaca dalam menghadapi ujian yang terkenal kejam dan sangar itu.

Thanks for reading ~

Share:

1 comment:

  1. Alhamdulillah, saya jd ngerti gmn harusnya dalam menghadapi ujian gan !

    ReplyDelete

komentar anda akan membantu saya sebagai admin dan juga pembaca lain.

Powered by Blogger.

Followers

Recent Posts

Unordered List

Pages

Theme Support